Markas : Jl. Peta No. 49 Tlp/Fax 022-5224189 Bandung.40243 /dpwpbbjabar@gmail.com

Rabu, 04 April 2012

Pembahasan RUU Pemilu Dekati Final




 Pembahasan RUU Pemilu Dekati Final
JAKARTA--MICOM: Pembahasan Rancangan Undang-Undang Pemilihan Umum (RUU Pemilu) makin mendekati final. Pada Selasa (3/4) Tim Perumus menyerahkan hasil kerjanya ke Panitia Kerja (Panja) dengan sejumlah rumusan alternatif untuk materi krusial yang belum tuntas. Penuntasan RUU Pemilu tinggal lagi menunggu keputusan lobi-lobi antar fraksi.

"Rumusan-rumusan alternative tersebut dihaarapkan dapat mempercepat apapun pilihannya terkait materi-materi krusial. Secara substansial diserahkan kepada forum Panja dan atau Pansus. RUU ini sebenarnya sudah selesai, tinggal menunggu keputusan lobi antarfraksi," kata Ketua Timus Gede Pasek Suardika.

Rumusan alternatif yang disodorkan adalah mengenai sistem pemilu yakni antara sistem proporsional terbuka dan sistem proporsional tertutup. Besaran ambang batas parlemen (parliamentary treashold / PT) antara 3%, 4% dan 5%. Alokasi kursi per daerah pemilihan anatara 3-8 kursi atau 3-10 kursi per dapil. Dan konversi suara menjadi kursi yang terpecah kedalam dua metode yakni kuota dan devisor Webster.

Selain empat materi krusial, Timus juga menyerahkan 11 poin substansi yang dikembalikan kepada forum Panja karena belum final. Diantaranya adalah pasal 4 mengenai tahapan penyelenggaraan pemilu, dimana terdapat usulan baru untuk memasukan tahapan perencanaan anggaran dan pengadaan logistik.

"Perencanaan ini penting dan ada kaitannya dengan data pemilih. Jika ditengah jalan KPU mengusulkan ada penambahan anggaran logistic, tepat tidaknya bisa kita kontrol. Karena secara normatif kita sudah mengetahui, ada rujukannya," kata Arif Wibowo dari fraksi PDIP. (Wta/OL-04)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar