Markas : Jl. Peta No. 49 Tlp/Fax 022-5224189 Bandung.40243 /dpwpbbjabar@gmail.com

Senin, 09 Juli 2012

Hasil Survei Partai Islam Rendah Dibalik Stigma ….


Oleh : Alit Rahmat. SPd.I : Sekretaris DPW PBB Jabar

Bulanbintangjabar. Hasil survei yang menunjukkan rendahnya elektabilitas Partai Islam adalah pernyataan yang menyesatkan.

Sebenarnya rendah elektabilitas Partai Islam  bukan masalah Islam atau tidak Islam. Tetapi ada masalah partai Islam  atau partai menengah yang disebabkan oleh beberapa paktor diantaranya :

Pertama : adanya pemahaman berbeda diantara umat Islam tentang partai dan partai Islam

Kedua : Posisi Minoritas di parlemen  sehingga  kurang mampu tampil menjadi penggerak manuver politik di tingkat nasional.

Ketiga, karena demokrasi subtansial dibajak oleh demokrasi prosedural yang didominasi kosmetika pencitraan yang berbiaya tinggi, akibatnya partai menengah yang relatif terbatas aksesnya kepada sumber-sumber keuangan, secara faktual frekuensi penampilannya di media jauh lebih rendah dibandingkan partai papan atas.

Keempat, karena diberikannya ruang yang dominan di media massa atas tampilnya pemikir, pengamat, dan akademisi yang berorientasi politik sekuler, maka sedikit banyak, lontaran-lontaran pemikirannya membentuk opini publik khususnya di kalangan menengah ke atas.

"Namun demikian, terlepas dari motif dan momentumnya, masukan dari berbagai survei tetap kami jadikan sebagai masukan untuk perbaikan kinerja ke depan," 

1 komentar:

  1. Harus disadari stigma yg melekat disudutkan kpd partai Islam tdk semuanya salah, sebagai deskripsi selama dua kali pemilu dan menghasilkan anggota legislatif DPRD sampai DPR RI tdk memperlihatkan eksistensi seorang kader partai Islam. Lemahnya kontor partai daerah maupun pusat terhadap anggota legeslatif itu lah salah satu menyebabkan rentannya kepercayaan internal apalagi eksternal. eceuk urang sundamah asa ewuh bedana antara wakil ti partai Isalam jeung sekuler teh.

    BalasHapus