Markas : Jl. Peta No. 49 Tlp/Fax 022-5224189 Bandung.40243 /dpwpbbjabar@gmail.com

Rabu, 18 Mei 2011

TREN SISTEM PEMILU


Sistem proporsional terbuka di Indonesia adalah salah satu yang paling rumit di dunia.




Oleh Harun Husein

Ada sangat banyak sistem pemilu yang pernah diterap kan di permukaan bumi. Setidaknya, ada 300 model. Keduanya berada dalam dua keluarga besar. Yaitu sistem proporsional dan mayoritas/pluralitas. Dari kedua keluarga besar sistem tersebut, berkembang sistem-sistem lainnya. 

Dalam buku Electoral System Design: The New International IDEA Handbook, para pakar mengklasifikasi sistem pemilu ke dalam empat tipe. Yaitu sistem proporsional, sistem ma -yoritas/pluralitas, sistem campuran, dan sistem lain-lain (lihat grafis). Para pakar penyusun buku itu, adalah Andrew Reynolds, Ben Reilly, Andrew Ellis, Jose Antonio Cheibub, Karen Cox, dan lain-lain. Buku ini diterbitkan IDEA —organisasi antarpemerintah yang beranggotakan negara-negara dari seluruh benua untuk penguatan institusi demokrasi— pada tahun 2005 silam.

Tapi, ada juga yang membaginya menjadi tiga sistem. Yaitu, sistem proporsional, sistem mayoritas/pluralitas, dan sistem campuran. Tiga sistem ini, antara lain dikutip Mulyana W Kusumah dan Pipit R Kartawidjaja, dalam Sistem Pemilu dan Pemilihan Presiden; Suatu Studi Banding. Dan, Andrew Reynolds —pakar pemilu yang dua pekan lalu datang ke Indonesia— lewat laporannya yang bertajuk Electoral Systems and the Protection and Participation of Minorities, juga pernah membagi sistem pemilu menjadi tiga. Yaitu, mayoritas/pluralitas, proporsional, dan semi proporsional. Laporan ini diterbitkan oleh Minority Right Group International (MRG) tahun 2006.

Ada empat varian yang dimasukkan Reynolds ke dalam sistem mayoritas/pluralitas, yaitu first past the post, alternative vote, two round system, dan block vote. Sistem proporsional terdiri atas list proportional representation (list PR) atau di Indonesia kerap disebut sistem proporsional daftar, mixed member proportional (MMP), dan single transverable vote (STV). Sedangkan, sistem semi proporsional terdiri atas sistem parallel dan single non transverable vote (SNTV). 

Pada buku yang diterbitkan IDEA, MMP masuk dalam kategori sistem campuran, dan SNTV masuk sistem lain-lain. Dalam buku yang diterbitkan MRG, MMP masuk dalam kategori sistem proporsional, sedangkan SNTV masuk dalam sistem semi proporsional. Perbedaan lainnya, sistem parallel di buku IDEA dikategorikan sebagai sistem campuran, sedangkan di buku MRG masuk kategori sistem semi proporsional.


Posisi Indonesia
Menelisik daftar yang dibuat oleh berbagai lembaga, Republika menda -pati Indonesia dikategorikan secara berbeda-beda. IDEA, misalnya, masih menempatkan Indonesia sebagai penganut sistem proporsional daftar (list PR) Statistik Demokrasi (Democracy Statistics) yang dirilis oleh NationMaster, juga menempatkan Indonesia di daftar negara-negara penganut sistem proporsional daftar (party list). Intinya sama dengan kategorisasi IDEA, yaitu Indonesia disamakan dengan negara-negara penganut sistem proporsional. Sementara itu, daftar di Wikipedia sudah membuat kategorisasi yang lebih spesifik. Indonesia ditempatkan sebagai negara yang menerapkan proporsional daftar calon terbuka (open lists), dengan metode penghitungan hare quota.

Daftar yang dibuat Wikipedia ini, lebih mendekati akurat, karena sejak tahun 2004, Indonesia telah meninggalkan sistem proporsional tertutup yang dipraktikkan sejak tahun 1955-1999. Indonesia telah menggantinya dengan sistem proporsional daftar calon terbuka, di mana pemilih tak hanya memilih tanda gambar, tapi juga memilih calon anggota legislatif. Lantas, di mana sebenarnya posisi In -donesia di tengah pembagian sistem pe -milu? Jika mengacu pada pembagian An -drew Reynolds —baik pembagian empat maupun tiga— maka Indonesia masuk dalam kategori sistem proporsional, de -ngan varian proporsional daftar (PR list).

Tapi, bila menggunakan tiga pembagian umum yang dikutip Mulyana W Kusumah dan Pipit R Kartawidjaja, Indonesia masuk dalam sistem campur -an (mixed, hybrid), bersama dengan sistem MMP. Khusus untuk MMP, Andrew Reynolds dalam Electoral System Design, memasukkannya sebagai sis tem campuran. Tapi, dalam Elec toral Systems and the Protection and Par -ticipation of Minorities, memasukkannya sebagai sistem proporsional. Direktur Eksekutif Center for Electoral Reform (Cetro), Hadar Nafis Gumay, tetap berpendapat bahwa MMP masih termasuk dalam keluarga besar sistem proporsional. Cetro — yang menawarkan sistem MMP seba -gai pengganti sistem proporsional terbuka— menerjemahkan MMP sebagai sistem proporsional campuran.

Yang cocok
Perdebatan soal pengelompokan ini memang bisa panjang. Tapi, dalam mem bicarakan sistem pemilu, ada satu hal yang pasti: para pakar mendapati bahwa tak ada satu pun sistem pemilu yang sempurna. Semua punya kelebih -an dan kekurangan. Seperti taplak yang tak mampu menutupi seluruh per mukaan meja. Jika ditarik ke kiri, ma ka sebagian permukaan meja men -jadi terbuka. Begitu pun saat ditarik ke kanan, atau ke berbagai sisi lainnya. Karena itu, para pakar —seperti Dieter Nohlen— pun sampai pada se -buah kesimpulan, bahwa tak ada satu sistem pemilu pun yang dapat diklaim sebagai paling baik. Tapi, di antara sistem-sistem tersebut, negara-negara yang menerapkannya bisa memilih yang paling cocok sesuai konteks negara tersebut.

Lantas, apakah sistem pemilu yang diterapkan di Indonesia sudah cocok? Pertanyaan ini tentu akan kembali mengundang perdebatan. Tapi, jika mengacu pada 10 kriteria pemilu yang disepakati secara internasional, sistem proporsional terbuka yang diterapkan pada Pemilu 2009 lalu, memang masih bermasalah.

Adam Schmidt —dalam Indonesia’s 2009 Election; Performance Challenges and Negative Precedent— menyatakan dari 10 kriteria keberlangsungan pemilu, hanya empat kriteria yang bisa dipenuhi Indonesia pada Pemilu 2009 lalu (lihat: Hanya Empat Kriteria yang Terpenuhi di hlm 23). Salah satu penyebab kurangnya pe -menuhan 10 kriteria tersebut, adalah karena sistem proporsional terbuka yang diterapkan di Indonesia terlalu rumit. Bahkan, Cetro menyebutnya sebagai salah satu sistem yang paling rumit di dunia (the most compliced system in the world), sehingga perlu dipikirkan untuk diganti. “Sistem ini mendesak untuk diganti,” kata Hadar. 

Mirip
Ada sejumlah kemiripan antara sistem proporsional terbuka dengan MMP. Yaitu sama-sama memadukan elemen mayoritas/pluralitas dengan proporsional. Namun, jika menelusuri jejak masing-masing sistem itu dalam sistem proporsional terbuka butuh ke -canggihan, jejak kedua sistem dalam MMP lebih gamblang. Sebab, MMP biasanya langsung memadukan dua va -rian sistem paling popular, yaitu sis tem proporsional tertutup (PR list) dengan first past the post (FPTP) —atau di Indonesia kerap disebut sistem distrik. Perpaduan inilah yang —menurut data aceproject— diterapkan di sembilan negara yang menganut MMP. Yaitu, Albania, Bolivia, Jerman, Hungaria, Italia, Lesotho, Meksiko, Selandia Baru, dan Venezuela. 

Sekadar catatan, pada daftar yang dibuat IDEA (lihat grafis), Albania masih termasuk yang menerapkan proporsional daftar dengan tipe pemilu mixed. Daftar yang dibuat Democracy Statistics, juga menempatkan Albania sebagai penganut sistem parallel. Namun, daftar itu tampaknya belum di-update. Menurut penelisikan Republika, sejak tahun 2008, Albania menerapkan MMP. Baik MMP maupun sistem paralel, dibuat untuk memadukan kelebihankelebihan sistem proporsional dengan kelebihan-kelebihan sistem mayoritas/ pluralitas. 

Saat dioperasikan, kedua sistem itu tetap bekerja sesuai metodenya masing-masing. Perbedaan MMP dengan paralel adalah pada hubungan hasilnya. Jika hasil pelaksanaan sistem proporsional dan mayoritas/pluralitas tidak saling bergantung dan berhubungan, maka sistem itu disebut sistem paralel. Tapi, jika hasil sistem proporsional dan mayoritas/pluralitas berhubungan dalam penentuan kursi, maka dinamakan sistem MMP.


Empat Besar Sistem Pemilu

Tipe Sistem        Jumlah        Persentase

Mayoritas/Pluralitas    93        46,27
Proporsional               75        37,31
Campuran                 27        13,43
Lain-lain                     6        2,98
----------------------------------------------
Total                        201        100


' pie chart

Sistem Lain-lain

Single Non Tranferable Vote (SNTV)        3 (50%)
Limited Vote (LV)                 1 (16,66 %)        
Block Vote (BV)                    1 (16,66 %) 
Borda Count (BC)                 1 (16,66 %)


' pie chart

Sistem Mayoritas Pluralitas

First Past the Post (FPTP)        48 (51,61 %)    
Two Round System (TRS)        20 (21,50 %)    
Alternative Vote (AV)                3 (3,23 %)
Block Vote (BV)                     14 (15,05 %)
Party Block Vote (PBV)        3 (3,23 %)
Parallel                             4 (4,30 %)
List PR                              1 (1,07 %)


' pie chart

Sistem Proporsional

List PR        71 (94,66 %)
STV              2 (2,66 %)
MMP             1 (1,33 %)
Parallel        1 (1,33%)


' pie chart

Sistem Campuran

Paralel                                         18 (66,66 %)
Mixed Member Proportional (MMP)    6 (22,22 %)    
List PR                                          3 (11,11 %)




Sistem Pemilu di Dunia

Pakar pemilu dari Amerika Serikat, Andrew Reynolds, yang dua pekan lalu datang ke Indonesia, pernah membagi sistem pemilu ke dalam empat tipe. Yaitu, mayoritas/pluralitas (plurality/majority ), proporsional (proportional representation, PR ), campuran ( mixed ), dan lainnya ( others ).

Sistem mayoritas atau pluralitas antara lain adalah  first past the post (FPTP),  two round system (TRS), alternative vote (AV),  block vote (BV), dan  party block vote (PBV). 

Sistem proporsional antara lain terdiri atas proporsional daftar ( list proportional representation ) dan  single tranferable vote (STV). 

Sistem campuran ( mixed ), antara lain paralel dan  mixed member proportional .

Sedangkan, sistem lain-lain ( others ) seperti  single non tranferable vote (SNTV).

Berikut pengaplikasian pandangan Andrew Reynolds terhadap sistem pemilu yang diterapkan di dunia, menurut daftar yang dirilis oleh Institute for Democracy and Electoral Assistance (IDEA):   

Negara         Sistem Pemilu         Tipe Pemilu

Afghanistan         SNTV             Others
Afrika Tengah        TRS             Plurality/Majority
Afrika Selatan        List PR         PR
Albania                 List PR         Mixed
Algeria                  List PR         PR 
Amerika Serkat      FPTP             Plurality/Majority
Andorra                 Parallel         Mixed
Angola                  List PR         PR
Anguilla                FPTP             Plurality/Majority
Antigua and Barbuda     FPTP             Plurality/Majority
Argentina               List PR         PR
Armenia                 Parallel         Mixed
Aruba                    List PR         PR
Australia                AV             Plurality/Majority
Austria                   List PR         PR
Azerbaijan              FPTP             Plurality/Majority

Bahamas                 FPTP             Plurality/Majority
Bahrain                   TRS             Plurality/Majority
Bangladesh               FPTP             Plurality/Majority
Barbados                 FPTP             Plurality/Majority
Belarus                    TRS             Plurality/Majority
Belanda                    List PR         PR
Belanda Antilles         List PR         PR
Belgium                   List PR            PR
Belize                      FPTP            Plurality/Majority
Benin                       List PR         PR
Bermuda                  FPTP            Plurality/Majority
Bolivia                       MMP             Mixed
Bosnia-Herzegovina     List PR         PR
Botswana                 FPTP             Plurality/Majority
Brazil                       List PR         PR
Bulgaria                   Parallel         PR
Burkina Faso            List PR         PR
Burundi                   List PR         PR

Cape Verde               List PR         PR
Chad                        PBV             Plurality/Majority
Chile                       List PR         PR
Cheska                    List PR         PR
Denmark                  List PR         PR
Djibouti                     PBV             Plurality/Majority
Dominika                  FPTP             Plurality/Majority
Dominika (Republik)     List PR         PR

Ekuador                     List PR         PR
El Salvador                  List PR         PR
Equatorial Guinea         List PR         PR
Estonia                       List PR         PR
Eslandia                      List PR         PR
Ethiopia                       FPTP             Plurality/Majority

Fiji                               AV             Plurality/Majority
Filipina                          Parallel         Mixed
Finlandia                        List PR         PR

Gabon                          TRS             Plurality/Majority
Gambia                        FPTP             Plurality/Majority
Georgia                         Parallel         Mixed

Ghana                            FPTP             Plurality/Majority
Gibraltar                          LV             Other
Grenada                          FPTP             Plurality/Majority
Guatemala                     List PR         PR
Guernsey                        BV             Plurality/Majority
Guinea                           Parallel         Mixed
Guinea-Bissau                  List PR         PR
Guyana                          List PR         PR

Haiti                              TRS             Plurality/Majority
Honduras                       List PR         PR
Hungary                         MMP             Mixed

India                               FPTP             Plurality/Majority
Indonesia                        List PR         PR
Inggris                             FPTP             Plurality/Majority
Iran                                 TRS             Plurality/Majority
Irak                                  List PR         PR
Irlandia                             STV             PR
Isle of Man                        BV             Plurality/Majority
Israel                                List PR         PR
Italia                                 List PR         PR

Jamaika                            FPTP             Plurality/Majority
Jepang                              Parallel         Mixed
Jerman                              MMP             Mixed
Jersey                                BV             Plurality/Majority

Kazakhstan                        List PR         Mixed
Kamboja                            List PR         PR
Kamerun                            Parallel         Plurality/Majority
Kanada                               FPTP             Plurality/Majority
Kenya                                 FPTP             Plurality/Majority
Kepulauan Cayman                BV             Plurality/Majority
Kepulauan Cook                  FPTP             Plurality/Majority
Kepulauan Falkland                BV             Plurality/Majority
Kepulauan Marshall               FPTP             Plurality/Majority
Kepulauan Pitcairn                   BV             Other
Kepulauan Virgin                 FPTP             Plurality/Majority 
Kiribati                                 TRS             Plurality/Majority
Kolombia                            List PR         PR
Komoros                             TRS             Plurality/Majority
Kongo                                TRS             Plurality/Majority
Kosta Rica                           List PR         PR
Korea Utara                           TRS             Plurality/Majority
Korea Selatan                        Parallel         Mixed
Kosovo                                 List PR         PR
Kroatia                                  List PR         PR
Kuba                                   TRS             Plurality/Majority

Kuwait                                 BV             Plurality/Majority
Kyrgyzstan                           List PR         Plurality/Majority

Laos                                    BV             Plurality/Majority
Latvia                                 List PR         PR
Lebanon                              BV             Plurality/Majority
Lesotho                              MMP             Mixed
Liberia                                FPTP             Plurality/Majority
Liechtenstein                        List PR         PR
Lithuania                              Parallel         Mixed
Luxemburg                          List PR         PR
Macedonia                           List PR         PR
Madagaskar                         FPTP             Plurality/Majority
Malawi                                 FPTP             Plurality/Majority
Malaysia                              FPTP             Plurality/Majority
Maldives                              FPTP             Plurality/Majority
Mali                                    TRS             Plurality/Majority
Malta                                   STV             PR
Mauritania                             TRS             Plurality/Majority
Mauritius                               BV             Plurality/Majority
Mesir                                   TRS             Plurality/Majority
Meksiko                              Parallel         Mixed
Mikronesia                          FPTP             Plurality/Majority
Moldova                               List PR         PR
Monako                                Parallel         Mixed
Mongolia                               BV             Plurality/Majority
Montserrat                            TRS             Plurality/Majority
Moroko                                   List PR         PR
Mozambik                             List PR         PR
Myanmar                                FPTP             Plurality/Majority

Namibia                                  List PR         PR
Nauru                                      BC             Other
Nepal                                        Parallel         Plurality/Majority

Nikaragua                                List PR         PR
Niger                                       List PR         PR
Nigeria                                      FPTP             Plurality/Majority
Niue                                          FPTP             Plurality/Majority
Norwegia                                   List PR         PR

Oman                                          FPTP             Plurality/Majority

Pakistan                                    Parallel         Mixed
Palau                                         FPTP             Plurality/Majority
Palestina                                   Parallel         Plurality/Majority
Panama                                   List PR         PR
Pantai Gading                            FPTP             Plurality/Majority
Papua Nugini                             AV             Plurality/Majority
Paraguay                                 List PR         PR
Peru                                        List PR         PR
Polandia                                  List PR         PR
Portugal                                   List PR         PR
Prancis                                     TRS             Plurality/Majority

Romania                                  MMP             PR
Rusia                                      Parallel         Mixed
Rwanda                                   List PR         PR
Saint Helena                            BV             Plurality/Majority
Saint Kitts and Nevis                 FPTP             Plurality/Majority
Saint Lucia                              FPTP             Plurality/Majority
Saint Vincent and  The Grenadines     FPTP     Plurality/Majority
Samoa                                     FPTP             Plurality/Majority
San Marino                                List PR         PR
Sao Tome and Principe               List PR         PR
Selandia Baru                            MMP             Mixed
Senegal                                    Parallel         Mixed
Serbia                                      List PR         -
Seychelles                                 Parallel         Mixed
Sierra Leone                              List PR         PR
Singapura                                 PBV             Plurality/Majority
Siprus                                      List PR         PR
Slovakia                                   List PR         PR
Slovenia                                  List PR         PR
Solomon Islands                       FPTP             Plurality/Majority
Spanyol                                   List PR         PR
Sri Lanka                                  List PR         PR
Sudan                                      Parallel         Plurality/Majority
Suriname                                List PR         PR
Swaziland                                   FPTP             Plurality/Majority
Swedia                                     List PR         PR
Swiss                                       List PR         PR
Suriah                                      BV             Plurality/Majority

Taiwan                                     Parallel         Mixed
Tajikistan                                 Parallel         Mixed
Tanzania                                  FPTP             Plurality/Majority
Thailand                                   Parallel         Mixed
Timor Leste                              List PR          Mixed
Togo                                        TRS             Plurality/Majority
Tonga                                       BV             Plurality/Majority
Trinidad and Tobago                   FPTP             Plurality/Majority
Tunisia                                     Parallel         Mixed
Turki                                         List PR         PR
Turkmenistan                             TRS             Plurality/Majority
Turks and Caicos Islands             FPTP         Plurality/Majority
Tuvalu                                         BV             Plurality/Majority

Uganda         FPTP             Plurality/Majority
Ukraina         List PR         PR
Uruguay         List PR         PR
Uzbekistan         TRS             Plurality/Majority

Vanuatu         SNTV             Other 
Venezuela         MMP             Mixed
Vietnam         TRS             Plurality/Majority

Yaman         FPTP             Plurality/Majority 
Yordania        SNTV             Other
Yunani            List PR         PR

Zambia            FPTP             Plurality/Majority
Zimbabwe         FPTP             Plurality/Majority

Sumber: IDEA, diolah Harun Husein

Tidak ada komentar:

Posting Komentar