KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI - Organisasi memerlukan figur pemimpin
yang bisa menggerakkan seluruh komponen untuk mencapai tujuan
organisasi. Kepemimpinan haruslah mampu memberikan pengaruh yang positif
terhadap organisasi berupa motivasi dan memberikan inspirasi arah
kebijakan yang positif bagi keberlangsungan organisasi. Peranan
Kepemimpinan dalam Organisasi menjadi semakin penting manakala terjadi
konflik dalam organisasi. Inilah tipe pemimpin yang paling dicari untuk bisa menangani konflik secara bijaksana.
Kepemimpinan dalam organisasi juga diharapkan dapat menjaga kelestarian
organisasi melalui pengkaderan generasi penerusnya sehingga tujuan
organisasi dan budaya organisasi yang sudah terbentuk dapat dilestarikan
sedangkan budaya yang buruk dapat diperbaiki. Hal ini dapat mencegah
terjadinya krisis kepemimpinan dalam organisasi. Ketiadaan kader yang
bisa meneruskan tugas kepemimpinan dalam organisasi menjadikan ancaman
bagi keberlangsungan organisasi tersebut.
BEBERAPA PENGERTIAN KEPEMIMPINAN MENURUT PARA AHLI
Berikut beberapa pengertian kepemimpinan menurut para ahli :
1. Menurut Tead; Terry; Hoyt (dalam Kartono, 2003) Pengertian
Kepemimpinan yaitu kegiatan atau seni mempengaruhi orang lain agar mau
bekerjasama yang didasarkan pada kemampuan orang tersebut untuk
membimbing orang lain dalam mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan
kelompok.
2. Menurut Young (dalam Kartono, 2003) Pengertian Kepemimpinan yaitu
bentuk dominasi yang didasari atas kemampuan pribadi yang sanggup
mendorong atau mengajak orang lain untuk berbuat sesuatu yang
berdasarkan penerimaan oleh kelompoknya, dan memiliki keahlian khusus
yang tepat bagi situasi yang khusus.
3. Moejiono (2002) memandang bahwa leadership tersebut sebenarnya
sebagai akibat pengaruh satu arah, karena pemimpin mungkin memiliki
kualitas-kualitas tertentu yang membedakan dirinya dengan pengikutnya.
Para ahli teori sukarela (compliance induction theorist) cenderung
memandang leadership sebagai pemaksaan atau pendesakan pengaruh secara
tidak langsung dan sebagai sarana untuk membentuk kelompok sesuai dengan
keinginan pemimpin (Moejiono, 2002).
Jadi, arti kepemimpnan adalah merupakan kemampuan mempengaruhi orang
lain, bawahan atau kelompok, kemampuan mengarahkan tingkah laku bawahan
atau kelompok, memiliki kemampuan atau keahlian khusus dalam bidang yang
diinginkan oleh kelompoknya, untuk mencapai tujuan organisasi atau
kelompok.
KEPEMIMPINAN DI INDONESIA
Kepemimpinan di Indonesia sangat kental dengan figur pemimpin daripada
institusi atau organisasi. Peranan figur pemimpinan bisa mengilhami
publik. Hal ini dapat berdampak buruk jika pemimpin tersebut ternyata
oleh waktu mengalami perubahan paradigma dalam kepemimpinannya.
Hal inilah yang dapat menyebabkan terjadinya pengkultusan sosok
pemimpin. Sistem yang ada harus bisa lebih mendorong individu untuk
menjadi pemimpin sehingga siapapun orang yang memimpin organisasi dapat
berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan.
MOTIVASI KEPEMIMPINAN
Leadership is a matter of intelligence, trustworthiness, humaneness, courage, and discipline ...
When one has all five virtues together, each appropriate to its function, then one can be a leader.
Kepemimpinan adalah gabungan unsur-unsur kecerdasan, sifat amanah (dapat
dipercaya), rasa kemanusiaan, keberanian, serta disiplin...
Hanya ketika seseorang memiliki kelima unsur ini menjadi satu dalam
dirinya, masing-masing dalam porsi yang tepat, baru dia layak dan bisa
menjadi seorang pemimpin sejati.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar