Markas : Jl. Peta No. 49 Tlp/Fax 022-5224189 Bandung.40243 /dpwpbbjabar@gmail.com

Senin, 19 Desember 2011

Indonesia, Tempat Perlintasan Favorit Imigran Gelap

 Indonesia, Tempat Perlintasan Favorit Imigran Gelap

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Wilayah Indonesia sering dijadikan sebagai tempat perlintasan dan persinggahan imigran gelap yang mencari suaka politik. Berada di antara dua benua, menjadi sebab Indonesia terus diminati oleh para imigran gelap sebagai tempat singgah.

"Pada dasarnya negara kita ini adalah anugrah.  Posisi kita ada di dua benua yaitu Asia dan Australia. Namun di balik itu juga ada masalah. Yaitu menjadi tempat perlintasan bagi imigran gelap yang ingin ke Australia atau ke Selandia Bar," kata Direktur Penyidikan dan Penindakan Direktorat Jenderal Imigrasi, Dirman Sukardi di kantornya, Senin (19/12).

Dirman mengatakan, bukan masalah jika orang-orang menjadikan Indonesia sebagai tempat perlintasan. Yang menjadi masalah, jika orang-orang asing itu tidak memiliki dokumen keimigrasian. "Inilah yang dinamakan imigran gelap," katanya.

Menurut Dirman, para imigran gelap itu pada umumnya ingin menuju ke Australia atau Selandia Baru. Di sana, mereka bisa mendapatkan suaka politik karena di negara asal mereka yang pada umumnya ada di Timur Tengah dan Asia Selatan, dilanda konflik yang membuat mereka harus meninggalkan tanah airnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar