Markas : Jl. Peta No. 49 Tlp/Fax 022-5224189 Bandung.40243 /dpwpbbjabar@gmail.com

Rabu, 23 November 2011

Selamatkan Rumah Kita, Partai Bulan Bintang

 Oleh : Alit Rahmat

Rumah adalah bangunan untuk tempat kita tinggal. Tempat dimana sebuah keluarga berkumpul dan bercengkerama. Kenyamanan, ketentraman, keamanan dan keharmonisan adalah suasana yang kita idam-idamkan serta kita perjuangkan untuk terwujud dirumah yang kita miliki.
Secara fisik,  bangunan rumah yang kita tinggali tentu memerlukan perawatan berkala agar kerusakan-kerusakan yang terjadi tidak membuat rasa tidak nyaman penghuninya. Genteng yang bocor harus segera diganti agar ketika hujan datang tidak membuat isi rumah basah semuanya, tidak pula menyebabkan terik matahari menyengat langsung kekulit melalui sela-sela kebocoran. Plester dan dinding yang terkelupas bahkan bolong oleh terpaan hujan dan panas pun perlu dibenahi agar hewan pengganggu atau tangan-tangan iseng yang hendak mengambil keuntungan tidak mudah untuk masuk kerumah kita. Tentu saja diawal pembangunan rumah kita dahulu, pondasi dibuat sedemikian kokoh agar bangunan rumah yang berdiri diatasnya tidak mudah ambruk.
Secara fsikis, hubungan antar penghuni rumah hendaknya terjalin harmonisasi, dimulai dengan komunikasi yang sehat untuk saling memahami, melengkapi satu sama lain, sehingga tercipta suasana rumahku adalah surgaku. Bukan rumah dengan bangunan megah tetapi suasana didalamnya bagikan neraka, sehingga tidak membuat betah penghuninya.
Secara sosial, hubungan penghuni rumah dengan penghuni rumah lainnya ikut memancarkan keharmonisan, sehingga terciptanya kerukunan diantar kanan, kiri, depan dan belakang rumah kita. Makin jauh radius kerukunan yang tercipta makin baik kondisi lingkungan yang ada.
Partai Bulan Bintang  adalah rumah besar kita, tempat tinggal umat Islam  yang berlainan suku bangsa, bahasa, warna kulit, serta karakter dan keyakinan menyatu dalam Visi Misi Partai Bulan Bintang. Mereka kan  takjub dengan keragaman yang kita miliki, semangat perjuangan penegakan Syariat Islam akan semakin hidup dalam rangkulan Al Qur’an –Sunnah. hingga kini masih bisa dipertahankan. Meskipun riak-riak kecil untuk “kepentingan diri” terdengar, namun sejatinya untuk memperjuangakan tegaknya syariat Islam
Tetapi Bulan Bintang masa kemarin  dan kini sudah jauh berbeda, rumah besar ini sudah berlari jauh dari semangat perjuangan dan pengorbanan para pejuang. Berjuang dengan mengharap keridhaan Allah SWT..
Partai Bulan Bintang, rumah besar kita ini mengalami kebocoran dimana-mana, kerusakan dimana-mana baik disadari atau tidak oleh para penghuninya. Baik oleh musuh-musuh yang nyata, maupun musuh yang bersembunyi dalam selimut menggerogoti keutuhan kehidupan kita dalam berorganisasi dan berjuang..
Ekspresi kemarahan dan kekecewaan terlihat mewarnai perjalanan kehidupan kita dalam perpolitikan . Hubungan penghuni rumah besar ini tak lagi harmonis. Percikan api sedikit membakar seluruh isi kampung, gesekan kesalah-fahaman membuat tak nyaman dan bahkan ikut menyulut konflik horisontal berkepanjangan.
Ketidak percayaan antara penghuni rumah besar ini membuat kebaikan yang diberikan dianggap sebuah tipu muslihat, keburukan didepan mata dianggap sebuah kelaziman dan bahkan dianggap sebuah trend kemodernitasan dan di elu-elukan banyak orang.
Lalu apalah artinya memiliki rumah besar bernama Partai Bulan Bintang ini jika apa yang terjadi sebenarnya menghantarkan kita kebibir jurang kehancuran?. Mungkin tidak menjadi pecahan-pecahan kecil, tetapi komponen yang ada sudah tidak sanggup lagi menyatukan visi, misi untuk menjaga rumah besar ini tetap kokoh berdiri dan memberikan kenyaman bagi penguninya.
***
Lalu langkah penyelamatan bagaimana yang harus dilakukan untuk rumah besar kita, Partai Bulan Bintang ?
Perlu bagi kita semua untuk mengamati kembali apakah benar rumah besar ini perlu diselamatkan?
Karena kita butuh kesepakatan awal apakah rumah ini benar-benar butuh langkah penyelamatan. Jika jawabannya “Iya!”, maka langkah selanjutnya bisa kita sama-sama fikirkan.
Dimana sajakah kerusakan-kerusakan yang terjadi?, apakah kerusakan yang terjadi memerlukan perombakan besar-besaran hingga kepondasi rumah?, atau hanya sekedar mengatasi keretakan dinding dan kebocoran atapnya saja?, seberapa besar tenaga yang dibutuhkan? dan seberapa besar sumbangsih yang harus diberikan untuk perbaikan rumah besar ini?.
Akan banyak diskusi-diskusi panjang yang terjadi antar penghuni rumah besar ini dalam rangka penyelamatan rumah besar Partai Bulan Bintang. Segala argumentasi dipaparkan dan ditawarkan untuk memberikan solusi perbaikan dan tentunya harus ada semangat untuk mencari cara penyelesaian yang terbaik serta sikap untuk menerima dan mendukung sepenuhnya atas kesepakatan yang telah diambil.
Solusi diberikan, disetujui, didukung sepenuhnya agar proses perbaikan rumah ini berjalan baik dan hindari upaya pencideraan atas kesepakatan yang sudah diambil.
Tentu langkah awal untuk menyelamatkan rumah besar Partai Bulan Bintang dengan terlebih dahulu menyelamatkan penghuninya dari kerapuhan fisik, mental dan spiritual agar rumah besar yang dibangun bisa berdiri kokoh dan memberikan kenyamanan bagi seluruh penghuninya.
Mari kita mulai langkah menyelamatkan Partai Bulan Bintang dari “rumah-rumah” kita masing-masing. Bersatulah dan rapatkan barisan agar menjadi sebuah kekuatan perbaikan yang solid.
Mari kita selamatkan rumah kita, !.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar