Markas : Jl. Peta No. 49 Tlp/Fax 022-5224189 Bandung.40243 /dpwpbbjabar@gmail.com

Rabu, 13 April 2011

Yang Bertuhan Hawa Nafsu


Tafsir Surat Al Furqan Ayat 43-44

Allah SWT berfirman: 

Terangkanlah kepadaku tentang orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai Tuhannya. Maka apakah kamu dapat menjadi pemelihara atasnya?,  Atau apakah kamu mengira bahwa kebanyakan mereka itu mendengar atau memahami. mereka itu tidak lain, hanyalah seperti binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat jalannya (dari binatang ternak itu). (QS. Al Furqan 43-44).

Tafsir

Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengatakan bahwa orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya adalah orang yang menjadikan sesuatu yang dianggapnya baik dan menurut hawa nafsunya dia pandang sesuatu itu baik maka dia jadikan sesuatu itu sebagai agama dan  madzhabnya.  Sebagaimana firman Allah SWT: 

Maka apakah orang yang dijadikan (syaitan) menganggap baik pekerjaannya yang buruk lalu dia meyakini pekerjaan itu baik, (sama dengan orang yang tidak ditipu oleh syaitan) ? Maka Sesungguhnya Allah menyesatkan siapa yang dikehendaki-Nya dan menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya; Maka janganlah dirimu binasa Karena kesedihan terhadap mereka. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang mereka perbuat. (QS. Fathir 8).

Oleh karena itu, Allah SWT berfirman: 

Maka apakah kamu dapat menjadi pemelihara atasnya?,

Ibnu Abbas  r.a. dalam tafsir Ibnu Katsir mengatakan bahwa ada seorang lelaki di masa jahiliyyah menyembah batu putih, lalu  ketika dia melihat batu yang lebih baik menurut pandangannya, maka dia menyembah batu yang kedua dan meninggalkan batu pertama yang telah sekian lama dia sembah.  Lalu dalam ayat berikutnya Allah SWT berfirman: 

“Atau apakah kamu mengira bahwa kebanyakan mereka itu mendengar atau memahami. Mereka itu tidak lain, hanyalah seperti binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat jalannya (dari binatang ternak itu)”.

Artinya, mereka lebih buruk daripada binatang ternak.  Mereka diciptakan untuk beribadah kepada Allah Yang tiada sekutu bagi-Nya, sedangkan mereka menyembah selain Allah dan menyekutukan dengan-Nya, padahal sudah ada hujjah atas mereka dan telah diutus para rasul kepada mereka.  

Dalam tafsir Al Wajiz dikatakan bahwa orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya itu adalah mereka menyembah batu atau yang lain, lalu mereka melihat batu yang lebih baik, maka mereka tinggalkan batu pertama dan menyembah batu yang mereka anggap lebih baik.  Mereka menyembah apa yang mereka senangi. Allah berfirman: 

Maka apakah kamu dapat menjadi pemelihara atasnya?,

Yakni  apakah engkau memeliharanya sampai engkau bisa mengembalikan orang itu kepada iman yang benar?  Artinya, tidak ada kewajibanmu selain sekedar menyampaikan.  Dikatakan bahwa ayat ini termasuk yang di-nasakh  oleh ayat  pedang.

Dalam Al Wajiz tersebut dikatakan bahwa mereka ini bagaikan hewan-hewan ternak dalam hal kebodohan mereka terhadap ayat-ayat Allah dan bukti-bukti kebenaran-Nya. Bahkan boleh dikatakan mereka ini lebih sesat mengingat hewan-hewan ternak itu mengikuti orang yang memeliharanya.  Sedangkan mereka tidak mentaati  sang pemeliharanya, yakni Allah SWT, yang telah memberikan nikmat-Nya kepada mereka. 

Dalam Tafsir Al Baghawy dikatakan  bahwa seorang musyrik menyembah batu lalu tatkala dia melihat ada batu yang lebih baik, dia tinggalkan batu pertama dan dia ambil batu kedua untuk disembahnya.  Ibnu Abbas dalam  Tafsir Al Baghawy menafsirkan bahwa Allah berfirman: Bagaimana pendapatmu tentang orang yang meninggalkan ibadah kepada Allah Yang telah menciptakannya kemudian dia cenderung senang kepada batu lalu dia menyembahnya, maka bagaimana keadaannya di sisi-Ku?  Apakah engkau akan menjadi penanggungnya, memeliharanya mengikuti hawa nafsunya dan menyembah apa yang disenanginya selain Allah?  Tentu tidak demikian.  Al Kalby berkata bahwa ayat ini dinasakh hukumnya oleh ayat  qital (perang).   

Ataukah kamu menyangka bahwa kebanyakan mereka mendengarkan ucapanmu untuk memahaminya?  Ataukah mereka memikirkan hujjah-hujjah dan informasi yang engkau tunjukkan?  Mereka tidak lain bagaikan binatang ternak.  Bahkan mereka lebih sesat.  Sebab, binatang ternak itu bisa ditunjukkan ke padang gembalaan dan tempat minum mereka.  Dan binatang-binatang ternak itu tunduk mengikuti para penggembalanya yang menjaga dan memeliharanya.  

Sedangkan orang-orang kafir itu tidak mengetahui jalan yang benar dan tidak mau mentaati Rabb mereka yang telah menciptakan mereka dan memberikan rizki kepada mereka.  Juga karena binatang-binatang ternak itu bersujud dan bertasbih kepada Allah SWT, sedangkan orang-orang kafir itu tidak melakukannya. 

Jangan Mengikuti Hawa Nafsu

Al Qurthuby dalam tafsirnya mengutip ucapan As Sya’biy : hawa nafsu itu dinamakan hawa karena hawa itu akan mengipasi pemiliknya di neraka.  Ibnu Abbas r.a. mengatakan bahwa Allah SWT menyebut hawa di dalam Al Quran hanya dalam rangka mencelanya.  Allah SWT berfirman :   

« …tetapi dia cenderung kepada dunia dan menurutkan hawa nafsunya yang rendah, Maka perumpamaannya seperti anjing jika kamu menghalaunya diulurkannya lidahnya dan jika kamu membiarkannya dia mengulurkan lidahnya (juga). demikian Itulah perumpamaan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat kami. Maka Ceritakanlah (kepada mereka) kisah-kisah itu agar mereka berfikir”. (QS. Al A’raf 176).

Juga Allah SWT berfirman: 

“…dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya Telah kami lalaikan dari mengingati kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas ». (QS. Al kahfi 28)

Juga firman-Nya: 
“Tetapi orang-orang yang zalim, mengikuti hawa nafsunya tanpa ilmu pengetahuan; Maka siapakah yang akan menunjuki orang yang Telah disesatkan Allah?”  (QS. Ar Ruum 29). 

Juga Allah berfirman: 

“…dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang mengikuti hawa nafsunya dengan tidak mendapat petunjuk dari Allah sedikitpun. Sesung- guhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim”. (QS. AL Qashash 50).

“Maka berilah keputusan (perkara) di antara manusia dengan adil dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu, Karena ia akan menyesatkan kamu dari jalan Allah”. (QS. Shad 26).

Diriwayatkan hadits dari Abu Umamah yang mendengar Rasulullah Saw bersabda: 

“Tidak ada sesuatu sembahan yang disembah di bawah langit yang paling dibenci oleh Allah SWT daripada hawa nafsu”.

Rasulullah saw. bersabda:

Tidaklah beriman salah seorang di antara kalian hingga hawa nafsunya mengikuti apa (islam) yang kubawa ini” 

Khatimah

Orang yang menyembah hawa nafsu adalah orang yang menjadikan apa yang dia senangi sebagai agama dan madzhabnya.  Hari ini, orang yang menyembah hawa nafsu tidak berarti menyembah batu seperti kaum kafir Quraisy di masa lalu, tapi dia bisa menyembah harta, menyembah pangkat dan kedudukan, menyembah obsesi dan pikiran serta ideologinya, serta menyembah berbagai persangkaannya terhadap sesuatu yang dia senangi dan dia anggap baik.  

Ciri utama dari orang yang menyembah hawa nafsu adalah  menolak diajak menyembah kepada Allah SWT dengan mengikuti syariat Nabi Muhammad Saw secara kaffah dan tanpa reserve (QS. An Nisa 65).  Dia hanya mau memilih-milih syariat Allah SWT sesuai selera hawa nafsunya.  Yang cocok dengan seleranya dia terima, sedang yang tidak cocok dia tolak.  Na’udzubillahi mindzalik ! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar