Markas : Jl. Peta No. 49 Tlp/Fax 022-5224189 Bandung.40243 /dpwpbbjabar@gmail.com

Selasa, 13 Maret 2012

Masyarakat Cenderung Cari Parpol Alternatif


Headline
inilah.com
Oleh: Bayu Hermawan
Nasional - Selasa, 13 Maret 2012 | 21:35 WIB
INILAH.COM, Jakarta - Pengamat politik menilai, meningkatnya popularitas Partai Nasdem sebagai partai baru, disebabkan karena semakin turunnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap partai-partai politik yang sudah terlebih dahulu ada.

Menurut pengamat politik Effendi Ghazali, saat ini masyarakat telah kehilangan kepercayaan terhadap partai-partai politik yang sebelumnya ada, karena dianggap bermasalah. Untuk itulah, masyarakat cenderung mencari partai alternatif pilihan yang dinilai lebih menjanjikan.
Menurut dia, dengan adanya fenomena tersebut maka masyarakat yang tidak memilih atau golput akan bertambah. Effendi memprediksi ada 66,7 % pemilih yang menjadi akan keluar dari partai besar yang sedang dilanda masalah. Oleh karena itu tarik menarik antar pemilih akan kembali terjadi.
"Ada sebuah Rolling party pada partai besar dan mengalami public distard. Dengan demikian tiga puluh empat persen menjadi golput yang membuat sisanya akan diperebutkan partaai lama dan partai baru," ujar Effendi di Jakarta, Selasa (13/3/2012).
Hal tersebut dibuktikan dengan munculnya Partai Nasdem yang mampu berada di 4 besar dalam hasil survey yang dilakukan Lembaga Survey Indonsia baru baru ini. Menurut Effendi, ada tiga hal yang membuat partai dengan jargon Restorasi Indonesia mempu melwati banyak partai lama, yaitu popular, plural dan mempu menjalaskan perubahan secara sederhana.
“ Jika masalah di Partai-Partai besar tidak teratasi, maka bukan tidak mungkin Partai Nasdem akan menyodok diurutan yang lebih tinggi,” tambahnya.
Sebelumnya dalam temuan Lembaga Survei Nasional, popularitas Partai Nasdem meningkat dan membuat partai tersebut berada di lima besar. Hasil ini membuat Partai Nasdem sebagai parpol baru yang diperkirakan bakal menjadi kuda hitam dalam Pemilu 2014.
Sebelumnya Ketua Dewan Pakar Partai Nasional Demokrat (NasDem), Hary Tanoesoedibjo mengapersiasi temuan Lembaga Survei Indonesia (LSI). Menurutnya, NasDem sebagai partai baru yang memiliki tingkat keterpilihan di urutan keempat merupakan prestasi yang luar biasa.
"Dalam waktu singkat Partai NasDem mencapai 5,9 persen dan menempati urutan ke 4 partai terbesar, ini prestasi luar biasa untuk kami. Sebagai pendatang baru seluruh keluarga besar NasDem patut mensyukurinya " kata Hary Tanoesoedibjo.[bay]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar